Halaman

Kamis, 12 Juli 2012

RESEP LONTONG




Di pagi hari selain nasi uduk, lontong juga merupakan hidangan sarapan yang banyak dijajakan di warung kaget di pinggir jalan. Tekstur lontong yang empuk dan lembut, dengan tambahan kuah sayur, sangat segar jika dimakan untuk sarapan. Jika Anda belum pernah membuat lontong, maka berikut ini kami sajikan Resep Lontong untuk Anda :

Bahan Membuat Lontong :

  • 1/2 kg beras
  • 5 lembar daun pisang
  • lidi secukupnya
  • air secukupnya


Cara Membuat Lontong :

  1. Potong-potong daun pisang kira-kira 35x35 cm, bentuk daun pisang seperti silinder/selongsongan dengan diameter kira-kira 5 cm.
  2. Tutup salah satu ujung selongsongan daun pisang dengan menyematkan potongan lidi. Biarkan ujung lainnya terbuka, untuk memasukkan beras.
  3. Cuci beras dengan air bersih lalu masukkan beras kedalam panci. Tambahkan air kedalam panci hingga permukaan air berada kira-kira 2 cm dari permukaan beras.
  4. Masak beras dengan api sedang kira-kira 10 s/d 20 menit. Setelah menjadi nasi aron, matikan api.
  5. Masukkan aronan nasi kedalam selongsongan daun pisang kira-kira 3/4 bagian dari selongsongan itu. Sematkan ujungnya yang masih terbuka dengan lidi  hingga rapat.
  6. Siapkan panci, tambahkan air kedalamnya kira-kira 1/2 dari isi panci, didihkan.
  7. Setelah mendidih, masukkan selongsongan daun pisang yang telah diisi nasi aron posisinya vertikal (berdiri). Pastikan posisi selongsongan terendam air.
  8. Masak selama kurang lebih 1 1/2 jam hingga 2 jam, perhatikan airnya, lontong harus selalu terendam air selama dimasak, tambahkan airnya jika kurang.
  9. Setelah lontong matang, angkat, bilas dengan air keran yang mengalir, lalu  biarkan menjadi dingin.
  10. Potong-potong lontong kira-kira 2 cm atau sesuai selera saat akan menyantapnya.
  11. Sajikan dengan sayuran berkuah daun lauknya sesuai selera Anda.





1 komentar:

  1. Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang resep lontong.... Saya suka mengunjungi blog ini.

    BalasHapus